Tutorial Cara Menghemat Baterai Tablet PC


Tips Menghemat Baterai Tablet PC Agar Tahan Lebih Lama
    Agar Baterai tetap awet dan Tahan Lebih Lama. Saat ini Komputer tablet memang tengah menjadi populer di tengah masyarakat. Portabilitasnya serta fitur-fitur yang ditawarkannya membuat gadget yang satu ini paling relevan dengan aktivitas kita saat ini. Baik di terminal, stasiun, atau bahkan di ruang tunggu sekalipun, gadget yang berbasis layar sentuh ini selalu menemani dengan setia.

Namun tidak bisa dipungkiri jika frekuensi penggunaan yang tinggi akan dapat berpengaruh ke daya tahan baterai. Nah gimana bila kamu menghadapi situasi habis baterai di tengah seru-serunya main games, chatting, atau sedang surfing via tablet PC? Apalagi jika lupa membawa chargernya. Nah, berikut ini adalah beberapa tips sederhana untuk menghemat baterai pada tablet PC :


Pengaturan cahaya. Mengurangi cahaya yang ditampilkan pada layar (screen brightness) adalah langkah paling mudah untuk menghemat baterai tablet PC kamu. Screen/layar adalah bagian dari tablet PC yang paling menyedot daya. Atur pencahayaan tablet PC kamu supaya tidak terlalu terang. Percayalah, hal ini juga bermanfaat lho untuk menjaga kesehatan mata.

Persingkat waktu/interval lock screen. Nama fitur ini bisa bermacam-macam, tergantung dari jenis tablet PC yang kamu gunakan. Cobalah atur ‘interval auto lock screen‘ ini agar tidak terlalu lama menyala, karena biasanya jika tablet kamu sudah masuk mode auto lock screen, maka layarnya akan meredup secara otomatis. Hal ini juga cukup berguna untuk menghemat daya tahan baterai.

Kurangi atau hilangkan update aplikasi, ping, sinkronisasi. Contohnya, aplikasi media sosial seperti Tweetdeck yang selalu meng-update status terbaru ketika ada tweet baru. Nah, kamu bisa mengatur supaya aplikasi tersebut tidak meng-update status baru dalam jangka waktu yang berdekatan.

Nonaktifkan Bluetooth, Wi-Fi, dan GPS jika tidak diperlukan. Bahkan ketika layanan ini tidak digunakan, mereka akan terus mencari koneksi dan hal itu cukup menyedot daya baterai. Jika tablet PC kamu menggunakan layanan nirkabel 3G atau 4G, nonaktifkan layanan tersebut jika kamu sedang berada di area dengan fasilitas Wi-Fi.

Pastikan aplikasi yang sudah digunakan ditutup dengan sempurna. Misalnya, kita sering lupa menutup permainan ketika kita selesai memainkannya. Atau mungkin kamu lupa menutup layanan GPS ketika sudah mencapai lokasi yang dituju. So, pastikan kamu sudah menghentikan sepenuhnya aplikasi yang tidak lagi digunakan.

Sumber : http://www.acerid.com/2012/11/tips-menghemat-baterai-tablet-pc/

0 comments:

Post a Comment

Ruler Coment :
- Komentar tidak berisi kata2 kasar, konten pornografi dan mengandung sara..
- Komentar tidak berisi spam dan link aktif.
"happy comments" ^^